Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu -->

Rabu, 28 September 2016

memasang modul MP3 dengan Ampli

Untuk memasang modul MP3dengan ampli yang perlu dilakukan adalah menyambungkan output modul MP3 ke input ampli. Berikut pengkabelan/jalur pemasangannya :

Ampli yang digunakan tidak terpaku harus menggunakan jenis ampli tertentu, berbagai ampli daya kecil hingga besar bisa digunakan.

catatan :
bila modul yang digunakan terdapat bluetooth seperti gambar diatas, jika menggunakan pengkabelan seperti diatas pasti akan mengalami noise yang tidak mengenakkan. Hal ini dikarenakan gelombang frekuensi yang dikeluarkan dari bluetooth itu sendiri mengganggu/masuk ke rangkaian (hal yang serupa terjadi ketika ada panggilan masuk ke HP dan HP tersebut berada didekat ampli kemudian muncul suara-suara noise).
Untuk mengatasi hal itu yang sering saya lakukan adalah menyiapkan power untuk modul MP3 dan ampli sendiri sendiri sehingga terdapat 2 power. contoh sederhana ampli mendapat tenaga dari travo dan modul MP3 mendapat tenaga dari charger HP. Memang agak ribet tapi sering berhasil, masih ada cara lain tapi karena saya belum sempat mencoba jadi belum bisa menuliskan disini.


105 komentar:

  1. Kalo ampli+modul mp3 di suplay menggunakan satu buah charger bisa nggak kira-kira???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Diatas saya tulis pakai 2 supply untuk mengatai noise yang muncul jika modul MP3 bkuetooth. Pakailan charger dg daya 1 ampere atau charger berkualitas bukan yang murahan

      Hapus
  2. om, klo modul mp3 bluetooth menggunakan 1 buah charger kemungkinan pasti akan noise tp klo modul mp3 nya gk pake bluetooth apa ttap noise jg klo menggunakan 1 buah charger..??
    klo untuk pemasangannya gk ada bedanya kn om, yg make bluetooth sama yg gk make..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban pertanyaan 1.
      1 sumber sepertinya tidak muncul noise, cuma kemungkinan charger hp tidak kuat memberi daya ke dua rangkaian(kecuali charger berkualitas dengan daya 1A keatas), coba aja klo ternyata hasil bisa bagus kabari saya.

      jawaban pertanyaan 2
      pemasangan sama. tapi perlu dilihat juga karena beda pabrikan terkadang posisi input dan output bisa bergeser

      Hapus
  3. saya sdah pasang modul mas untuk fm normal tapi setelah dicolokkan usb card reader langsung mati modulnya

    penyebabnya apa mas?
    setelah saya cek arus tetap 5 volt (main aman aja) maupun soket usb aman gak ada yg konslet

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan sumber tegangan drop ketika usb card reader dipasang. ganti sumber tegangan dengan yang lebih besar. coba 9 atau 12 V

      Hapus
    2. Mas klw saya pakai power suply 9-12 volt tapi berdaya 2 Amper, kira² module jebol ga ?

      Hapus
  4. trimà kasih mas sdah dicoba
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Om mau nanya ,modul dengan usb itu bukanya 5v ya?

    Setahu saya tegangan untuk usb itu 5v

    Apa boleh dipasang lebih dari 5v?
    Berapa batas tegangannya?
    Berapa kuat arus minimal nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kebutuhan modul USB hanya 5V bahkan ada juga yg bisa cuma 3V dari battery.
      dari semua modul MPT yang pernah saya gunakan terdapat regulator 7805(regulator 5V), jadi berapapun tegangan power yang kita berikan akan ditutunkan menjadi 5V.
      tegangan terbesar yang pernah saya gunakan 12V, jika lebih besar belum pernah coba.
      arus minimal yang pernah saya gunakan kurang lebih 650mA dari charger hp 5V.

      Hapus
  6. Om kalau menyalakan modulnya pakai aki kering gimana om?
    Soalnya ampli saya pakai aki kering 4v 1A

    Apa bisa dengan men-seri 2 aki kering?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. Modul MP3 biasanya pakai tegangan 5-12V. jadi pakai 2 battery diseri 4V (8V) sudah memenuhi sarat.

      Hapus
  7. Makasih om
    Saya mau beli modul mp3. Batrenya 2 diseri ,tapi untuk proses charging dipararel bisa kan om
    Nanti saya pasangi saklar untuk berganti mode seri/pararel

    BalasHapus
  8. Sipp dah jadi om
    Ampli + modul mp3
    Dipake ngecas hp pake usbnya cepet juga hehe
    Rencana mau tak tambahi led vu meter di speaker biar tambah mantap jiwaa

    BalasHapus
  9. Nanya om ini modulnya bisa nyala pake aki 2 aki kering 4v, tak lama kemudian modul nya mati nyala mati nyala
    Akhirnya saya tambah aki kering lagi jadinya 3 aki(tetap saya seri)
    Tapi masih seperti di atas ya?
    Minta pencerahannya om

    BalasHapus
  10. Nanya om ini modulnya bisa nyala pake aki 2 aki kering 4v, tak lama kemudian modul nya mati nyala mati nyala
    Akhirnya saya tambah aki kering lagi jadinya 3 aki(tetap saya seri)
    Tapi masih seperti di atas ya?
    Minta pencerahannya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sumber tegangan Ganti dulu dengan trafo atau sumber lain. Kalau menunjukkan gejala yg same berarti module MP3 nya yg rusak.

      Hapus
  11. Masukan dikit:
    Tegangan kerja 6 - 12 Volt (krn min tegangan msk ke regulator hrs > 1volt), direkomendasikan 1 ampere. Jika menggunakan supply 12 volt lebih dari 3 ampere sebaiknya diturunkan terlebih dahulu agar tidak merusak komponen stabil serta modul.

    BalasHapus
  12. modul kit mp3 bisa pake carger 1A...gak perlu pakai trapo min. 1A/3A...bila pakai trafo 1A/3A berarti harus pakai powersupply???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari trafo 12Volt bisa langsung disambung ke modul mp3. kalau lebih besar seperti 18-45 Volt keatas sebaiknya pakai regulator 12Volt. sebenarnya di modul mp@ sudah terdapat regulator 5Volt, tetapi ukurannya kecil. untuk jaga2 saga gunakan regulator tambahan

      Hapus
  13. Mas may tanya, Apakah sama gambar rangkaian diatas jika kit mp3 nya disambng dgn pengeras suara komputer yg model kecil. Contoh advance duo 050.

    BalasHapus
  14. Gan numpang tanya ne, kalau pakai 1 buah cargher gimana caranya ya dan apa saja komponen nya, dan rangkainya gmna y gan. Mhhon info nya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. V+ USB dan Gnd disambung ke kabel USB. untuk mengetahui posisi V+ dan Gnd sudah pernah saya bahas. coba lihat di:
      http://rang-elka.blogspot.com/2015/11/merangkai-ampli-sederhana-tda2822.html

      Hapus
    2. Prmisi mas mau numpang nanya nie..
      Q punya modul mp3 yg bluetooth q psang pd ampli. Buat nyetel radio ama flasdis normal mas.. Tapi saat buat nyetel bluetooth musiknya di tengah" mati tdk trdengar. Pdhal pd hp sya musik masih brjlan..
      Itu yg rusak kira" apanya yaa mas.??
      Modulnya baru q beli itu mas..

      Hapus
    3. saya pernah mengalami hal serupa. masalah ini terjadi ketika saya pasang tegangan sumber 5 volt. kemungkinan gk kuat sehingga bluetooth mati.
      saat menghidupakan bluetooth memang butuh daya yg cukup besar. utk mengatasi hal ini coba beri sumber 12v ke modul mp3.

      Hapus
  15. Mau tanyakan om saya punya mp3 bluetooth trus FM radio ad bunyinya padahal itu speaker aktif yg saya ganti menjadi bluetooth solusinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang begitu mengerti dg pertanyaan ini.
      ada mp3 bluetooth modul
      ada fm radio
      ada speaker aktif

      yang bunyi yang mana?
      terkadang ampifier saja bisa menangkap siaran fm tanpa ada radionya. ini terjadi jika lokasi itu dekat dengan setasiun radio. saking kuatnya sinyal sehingga ampli dapat menerima siaran. siaran fm yg diterima tentu kecil, tidak sebesar jika menggunakan radio

      Hapus
    2. Saat dinyalakan radio ada bunyi noisenya

      Hapus
    3. kemungkinan disitu susah sinyal radio. tambahkan antena untuk membantu menerima sinyal

      Hapus
  16. Bos mau tanya kenapa speaker aktif saya pasang modul mp3 jd kluar suara noisc.padahal ngak ada bluetooth.dan blum di colok usb?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan dulu ampli suara bagus. lepas mp3 player dan tonecontrol(jika ada). jika ampli terdengar baik tanpa dengun baru di pasang mp3 player

      jika saat dipasang mp3 dipasang muncul dengung, coba tambah regulator 12 v pada mp3 player.

      Hapus
  17. nanya om.. punya saya pake suplai 5v/1a kok gk ngangkat ya..pengennya bisa nyala pake power bank

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5v/1A utk amplinya saja sudah mepet. apalagi ditambah mp3 player.

      coba gunakan ampli class d (pam8403) yang lebih efisien di tegangan 5v. mp3 player juga cari yg bisa 5volt

      Hapus
  18. bisa. cuma kurang maksimal, karena seingat saya arus dari power supply DVD dibawah 500mA.

    pam8403 itu 2x3 watt(6watt total). kalau suply 5V maka butuh arus = 1.2A
    minimal cari sumber dengan tegangan 5v 1.2A

    BalasHapus
  19. bisa. mp3 player bisa bekrrja 12v tp sedikit repot, pam8403 tegangan kerja 5v. 12v juga harus diturunkan dulu utk sumber.

    BalasHapus
  20. mas ini modul mp3 bloetoot saya supply dengan charger hp, modul cuman nyala aux 2-3detik mati, stelah dcabut lalu kmbali dkash tegangan, 2-3detik mati lagi, stelah itu sayj pasang dtravo 3a ada supply 9v lgsung pasang ternyata tidak mau menyala, saya coba pake charger lagi tdk mau menyala, knp ya kira2 mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan modul bluetooth nya sudah mati. kesalahan saat dipasang dengan trafo.

      Hapus
    2. kalau sebelumnya saat sumber tegangan menggunakan usb 2-3detik mati itu dikarenakan sumber tegangan terlalu kecil jadi setelah 3 detik kekurangan tenaga.

      Hapus
  21. apakah bisa dperbaiki mas? atau solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo regulatornya yang rusak bisa di perbaiki. bentunya seperti ini: https://goo.gl/images/Pi8tbz

      diganti baru

      Hapus
    2. bentuk ny juga macem2. coba cari 7805 di google. bnyk macam & ukuran

      Hapus
  22. Cara lain biar mp3 bluetooth gk ada suara noise bagaimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. noise yg terdengar klo tidak salah adalah frekuensi tinggi. ada alat/komponen untuk menghilangkan noise ini. contohnya ferit atau apalah, bisa di temukan juga di rangkaian kabel telpon. dulu saya pernah baca ada yg menggunakan ini tetapi bukan utk menghilangkan noise bluetooth. saya mau nyoba tapi tidak punya bahannya.

      Hapus
  23. apakah dganti ic 7805 sperti byasa, apakah bisa?

    BalasHapus
  24. spertinya icnya yg rusak, karena daerah itu panas

    BalasHapus
  25. perlu ditambah antena pada modul. setidaknya ada bunyi kresek kresek seperi pada radio analog. tp klo hanya bunyi ngingg.. stabil & pas nyari gelombang bunyi juga tdk ad perubahan, kemungkinan fungsi radio rusak

    BalasHapus
  26. sory blm bisa membantu.
    perangkat elektronik memang berjalan dengan baik bila diberi sumber tegangan DC murni(battery). saat menggunakan trafo, smps atau sumber tegangan lain dari AC memang sering terjadi begini. tantangnny bagaimana mengubah teganag AC menjadi benar2 DC seperti tegangan battery

    BalasHapus
  27. Saya pengguna baru kit usb.. Mencoba dengan adaptor dvd player bekas untuk sehari mencoba berjalan lanca.
    Setelah hari berikutnya tidak bisa dipakai lagi kit tsb.
    Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sory, baru balas.
      cek tegangan adaptor dvd. apa mengeluarkan tegangan. coba dengan suplay yang berbeda.

      Hapus
  28. Gan mau nanya klo pke adaptor 12v 2ampere bsa gak ya...

    BalasHapus
  29. Om klok pkek travo 800ma/9v bosa gkk.?
    Tlong pnjelasannya

    BalasHapus
  30. Gan sy mau tanya..sy punya kit usb mp3 player+bluetooth..sy pasang di ampli yg pke transistor tip 41/42..pemasangan ny jalur input ny udah bnar tp kok gk bunyi ya..sy berniat ingin bikin penguat audio yg pke punya agan ini aj untuk pemutar kit mp3 ny..bru di hubungkan ke input yg speker dgn transistor tip 41/42 ny itu..kira2 efisien gk ya cara yg sy pke? Mohon pencerahan ny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek ulang mungkin salah jalur.
      cek ampli TIP 41/42 bekerja dg baik
      cek juga kit usb mp3.

      cek ampli dg melepas ampli dr kit usb. apakah bisa menyala dg baik.

      cek kit usb mp3. out dr kit ini bisa di sambung ke headhet/lsngsung speaker. ada suarany kecil

      Hapus
  31. Om ini saya pasang di audio in di speaker aktif.tp konslet kebakar pas aku pasangin ke colokan audio in nya, sampe habis 2 kit Bluetooth.kora kira kenapa ya.apakah salah jalur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ati2 masangnya. saya kesulitan untuk membantu karena tidak lihat penampakan fotonya. coba kirim gambar ke FB saya. kalau tidak ditanyakan ke groub FB "belajar merakit ampli mini"

      fb saya: https://www.facebook.com/dani.mardianto

      Hapus
  32. klo dipasang di mobil bs ga ya?
    sambung ke aki mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya bisa. tambahi regulator tegangan supaya aman

      Hapus
  33. Maaf gan mau nanya, speaker aktif saya ada nois ketika di hubungkan dengan kit mp3 bluetooth.. saya pakek adaptor 12v 1A, cara mengatasi gimana gan?? Soalnya adaptor juga uda lama kmungkinan tidk stabil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mencoba menggunakan 2 power suply?
      modul ampli menggunakan trafo dan mp3 menggunakan charger HP. lebih bagus lagi kalau menggunakan 2 trafo. cara ini cukup signifikan mengurangi noise, tp tetap masih ada sedikit noise jika di dengarkan secara seksama

      Hapus
  34. Saya menggunakan adaptor 12v 3a untuk modul mp3 yang ada bluotoblu dan sudah satu set sama amply nya.
    Kendalanya pas di nyalakan terdengar suara dengung(nois)
    Mohon sarannya apa penyebabnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ampli rakitan biasa terjadi dengung. sulit mengatasinya

      Hapus
    2. Untuk ngilangin nois cukup di kasih kapasitor di bagian input volt nya(modul mp3)dengan cara di paralrel

      Hapus
  35. Untuk modul mp3+blutut.Kalo mau pakai ps 10a 12v, apa bisa langsung di pakai,

    BalasHapus
  36. Masukkan komentar Anda...om mw tanya nh saya pake modul.kit ampli pam 8610 2x15 calss d tegangan 12 v .2speker kapasitas 8ohms masing 80/watt ketika di geber volume tinggi ko speker 1 agak terjeda suaranya tapi ttp berjalan hanya terjedah/ mati hidup lg .kira" apanya yh ? apakh kapasitas arus amppi tidak kuat mendorong mohon pencerahanya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai sumber teganagan 12v 2ampere. kalau sudah dan hasil nya tetep geber kemungkinan itu dah melampaui batas ampli.

      Hapus
  37. modul mp3 ada suara nginya rencana mau saya tambahin elco...klau saran mas elconya pakai yg model apa bagusnya trus elconya perlu di tambahin resistor lagi nggak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. suara nging bukan masalah elco atau ditambahi resistor. ini krn ada frekuensi tinggi yg masuk ke ampli. blutooth merupakan alat elektronik yg bekerja menerima sinyal di frekuensi tinggi. jadi tidak mudah penanganannya.

      Hapus
  38. Mas saya pake pam 8403 2x3wat
    Sumber batrai 3.7 volt
    Pake module bluetooth receiver
    Kenapa ada suara noise kemresek gitu yah...
    Mohon solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakai 2 buah battery. batteri 1 utk di sambung ke ampli. bateery ke-2 di sambung ke modul bluetooth

      Hapus
  39. Tertarik jg buat ne gan.
    Sy ada masalah (setiap kali masang) rakitan baru ato sm amplifier siap pake selalu ada humming begitu di hubungkan dgn modul mp3 player (support bluetooth).

    Humming lgsg ilang begitu di tamah power supply sendiri untuk player nya gan.

    Apa kira2 mslh nya gan.?

    Prnh sy kasih filter (di dc inputnya) tetep tdk ngatasi masalah.

    Nb: pengkabelan sudah sy bikin sedemikian rupa tapi tetep aja.
    Selalu seperti itu tiap kali masang.
    Mohon pencerahannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada yang salah.

      cara terbaik yang berhasil saya lakukan baru menggunakan 2 power supply. ampli dan bluetooth modul menggunakan power supply terpisah.

      Hapus
    2. saya barusaja baca2 tentang masalah noise ini. cara lain untuk mengatasi noise dengan audio transformer atau Isolation Transformer.

      lebih lanjut menganai audio transformer seperti apa dan cara menggunakannya bagaimana, saya belum bisa menjawab.

      Hapus
  40. Mas saya baru beli modul mp3 bluetooth nya, saya tes sambungkan ke charge hp, kok ngk nyala lampunya?
    Apa harus di nyalakan pake remote??

    BalasHapus
  41. Mas saya baru beli modul mp3 bluetooth nya, saya tes sambungkan ke charge hp, kok ngk nyala lampunya?
    Apa harus di nyalakan pake remote??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek sambungan mungkin kebalik antara + dan gnd.
      kemungkinan lain charger hp tidak kuat menyalakan modul mp3. ganti dengan charger hp yg lebih bagus atau gunakan trafo dengan tegangan 9-12v untuk menyalakan modul mp3

      Hapus
  42. mas kalau antara + dan ground kebalik...jadi mati,
    ada solusi bisa nyala lagi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebalik + dan - bisa menimbulkan kerusakan. kalau tidak parah yang rusak 1 komponen saja. yaitu regulator 7805. coba saja diganti komponen ini

      Hapus
  43. Mohon bantuanx gan.. Sy mempunyai digital video player mp5.. Kalau sy sambung langsung ke aki motor ngak bisa on/nyala.. Tapi kalau sy sambung ke adaptor lalu sy colokkan ke arus listik rumah malah bisa nyala.. Gimana solusix agan2 semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aki motor teganganny berapa volt? kalau 12v bisa digunakan, pastikan juga aki dalam keadaan baik. sudah di cas dan kondisi normal tidak ngedrop

      Hapus
  44. Bosku mau nanya,sebaiknya pemasangan modul mp3 ngambil dari ton kontrol terus ke galaxi atau gimana baiknya,soalnya saya make galaxi.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling bagus pasang regulator sendiri supaya tidak mengganggu tone control atau pun kehabisan daya karena ambil dr galaxi

      Hapus
  45. bos
    saya pasang modul mp3nya ke amplifier 150watt mono
    truss + - nya saya sambungkan ke kipas kan tetangannya udah 12v trus outputnya langsung sambung ke inputnya tone control
    trus kok cuma kluae tulisan X I gtu ya mas
    mohon infonya

    BalasHapus
  46. Maaf,mau tanya.apa sebabnya klo volume suara sy besarkan,suara di sepeker pecah.tp bila volumenya di kecilkan suara normal.sy pakai trafo 12v 250ma

    BalasHapus
  47. Maaf,mau tanya.apa sebabnya klo volume suara sy besarkan,suara di sepeker pecah.tp bila volumenya di kecilkan suara normal.sy pakai trafo 12v 250ma

    BalasHapus
  48. Mau tanya om, modul pam8610 saya kok ada suara noise(dengung) padahal rangkaian yang saya pake cuman modul pam8610,adaptor 12v 2A dan 3buah speaker

    BalasHapus
  49. Sy bru pasang kit mp3 bluetooth ini sdh melalui ic regulator 12v 1.5A. Utk mode bluetooth ada noise ckup mengganggu. Tp modem fm dan usb tdk ada noise. Power mp3 jd satu dg ampli. Ada cara mengatasi noise tanpa power tambahan?

    BalasHapus
  50. Nah ini, sepertinya kasus saya terjawab, bagaimana klw saya ganti amplifier pam8403 6 Watt dengan amplifier 30 Watt Pam8610, masih ngangkat ga dg power supply berdaya 2A ?

    BalasHapus
  51. sy mau tanya , baru beli modul mp3 tp sy sambung power tdk bs nyala , kira2 bgmn solusinya , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tegangan power pastikan antara 6-12V.
      - jika kelebihan tegangan terlalu kecil mp3 tidak hidup.
      - jika kelebihan tegangan mp3 bisa rusak
      - jika ground dan positif kebalik mp3 juga rusak

      Hapus
  52. Mau tanyak pak. Saya menggunakan ampli pam 8610. Saat di nyalakan menyala sebentar kemudian mati kemudian nyala lagi. Saya menggunakan adaptor 12v 3a. Dan ic pam saat di pegang panas. Ada kah solusinya?

    BalasHapus
  53. Mau tanya master
    Mudul pm3 tertera 78M05 yang memerlukan arus 5V.
    Pertanyaan saya
    1. jika daya arus volt mengunakan adapter 12V 3A apakah aman?
    2. Arus yang pas untuk digunakan modul mp3 tersebut apakah adapter 12V 3A atau 12V 1A ?
    Terimakasih banyak atas jawaban master.

    BalasHapus
  54. Suara yg dihasilkan kecil kenapa ya, mohon pecerahannya

    BalasHapus
  55. Selamat pagi pak Dani....numpang tanya bluetooth MP3 saya yg out put nya langsung ke speaker mengalami problem ..yaitu radio FM nya tidak berfungsi ..mohon pencerahannya .terimakasih dari @Erik-Balikpapan

    BalasHapus
  56. Mas tanya klo di mode mp3 atau radio dan suara bersih. Tapi di mode blootot suara jadi kremesek dan untuk power suplay saya pakai adaptor 12volt.

    BalasHapus
  57. Bang saya punya spiker blutut pake batrei. Spikernya 8,5inch tapi ouputnya cuma 20 watt. Suaranya seperti tidak sesuai dgn besar spikernya. Bagaimana caranya bang agar mendapatkn suara maksimal pada spikernya.

    BalasHapus