Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu -->

Kamis, 10 Desember 2015

03 rangkaian lampu otmatis(LDR)

Rangkaian lampu otomatis.
Rangkaian ini berfungsi untum menyalakan lampu LED, ketika keaadaan terang lampu LED mati dan saat gelap lampu LED menyala. Rangkaian ini sangat bermanfaat sekali bila kita lupa menyalakan lampu kamar saat petang menjelang, kamar tidak akan gelap karena sudah rangkaian ini bekerja secara otomatis.


Pembahasan singkat:

-LDR (light dependen resistor) adalah resistor yang yang nilai resistansisnya bisa berubah-ubah tergantung banyaknya cahaya yang diterima. Dari kemampuan LDR ini bisa dimanfaatkan sebagai sensor cahaya. Gunakan LDR dengan luas penampang berukuran besar sehingga lebih mudah menanggkap cahaya, bila tidak menggunakan seadanya saja.

-Potensio. memilliki 3 buah kaki, pada gambar simbol potensio seperti resistor dengan tanda panah.  disini digunakan potensio bernilai 50K untuk mengatur sensitifitas rangkaian lampu otomatis.

-LED sebagai penghasil cahaya, memiliki 2 kaki yaitu kaki Anoda(+) dan Katoda(-). jangan sampai terbalik pemasangannya.

-Transistor menggunakan BC547. Biasanya banyak sekali terdapat dipasaran, selain menggunakan transistor BC547 bisa juga menggunakan seri yang lain selama transistor npn. Transistor disini digunakan sebagai saklar elektronik yang dikendalikan oleh LDR.

1 komentar: