Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu -->

Rabu, 16 Maret 2016

Cek komponen elektronika

Berikut cara mengecek komponen elektronika diantaranya:
1. kabel
2. jack audio 3.5mm
3. speaker

1. Kabel
kabel yang  digunakan perlu di cek apakah masih baik atau tidak. Caranya dengan menggunakan multimeter, pilih selektor multimeter ke ohm meter bisa x1, x10, x100 ataupun x10k. kemudian lihat gambar dibawah ini.
cable

kabel bagus, jarum multimeter akan bergerak kekanan menunjuk ke arah sekitar 0 ohm. sedangkan kabel yang sudah rusak jarum multimeter tidak akan bergerak, karena ada bagian kabel yang putus.

2. jack audio 3.5 mm
konfigurasi jack audio bisa dilihat gambar dibawah ini: bisa terlihat ada 3 bagian L=left(audio kiri), R=right(audio kanan) dan Gnd=Ground. 3 bagian tersebut tersambung dengan kabel dengan warna hitam, merah dan putih. Bila diurutkan untuk L terhubung kabel putih, R terhubung kabel merah dan Gnd terhubung kabel hitam.
Untuk mengecek jack audio masih baik atau tidak bisa melakukan pengecekan seperti mengecek kabel. Posisikan selektor multimeter ke ohm meter batas ukur terserah x1 sampai x10k, kemudian cek seperti gambar dibawah ini
 bila dicek dengan multimeter, jarum multimeter tidak bergerak berarti kemungkinan ada bagian yang putus. cara ini juga bisa digunakan untuk mencari konfigurasi jack audio yang berbeda warna dari contoh diatas, dengan mencoba-coba kabel warna apa yang menyambung dengan R, L dan Gnd.

3. mengecek Speaker
 mengecek speaker sangatlah mudah, cukup dengan memberi tegangan kecil pada kaki speaker maka speaker akan berbunyi. jika tidak berbunyi berarti speaker telah rusak.
sambungkan kaki speaker dengan battery 1.5 volt dengan kabel. Posisi kaki + dan kaki - tidak terlalu berpengaruh.

sekian dulu untuk pengecekan komponen elektronika. saya lajutkan komponen-kompen lain dilain kesempatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar